Cara Service TV Mati 1 (Satu) Garis Horizontal

TV LG Mati 1 (satu) Garis Horizontal. Blok vertical pada sebuah pesawat televisi memiliki tingkat kerusakan lebih tinggi jika dibandingkan dengan bagian / blok lain yang ada di pesawat televisi, maka tidak heran, jika permasalahan TV tabung kebanyakan di sebabkan oleh masalah yang ada di blok vertical.

Beberapa Kerusakan TV Yang Disebabkan Oleh Bagian / Blok Vertikal.
  1. TV Mati 1 (Satu) Garis Horizontal.
  2. TV Mati Protek / Stand-by.
  3. TV Muncul Garis Putih Layar Bagian Atas.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulah salah satu kerusakan umum pada TV yang diakibatkan tidak bekerjanya sistem pada blok vertical, yaitu TV ada suara, namun layar hanya menampilkan satu garis putih mendatar / horizontal.


Langkah-langkah service tv mati satu garis horizontal, maka yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut.
  1. Buka Casing Televisi.
  2. Kemudian bersihkan PCB / papan induk pesawat televisi, hal ini dimaksudkan agar kita akan lebih mudah dalam memeriksa dan melakukan pengecekan komponen bagian / blok yang bermasalah.
  3. Cek tegangan input Horizontal yang berasal dari regulator, pastikan dalam kondisi normal, mengingat tegangan horizontal ini sangat mempengaruhi kinerja trafo fly back, yang selanjutnya di suplai ke input tegangan IC vertical. 
  4. Cari bagian / blok Vertikal, kemudian cek tegangan input IC vertical yang berasal dari trafo fly back.
  5. Cek Dioda sebagai penyearah tegangan dari fly back ke input IC Vertical melalui Elco 25v 2200uf / 35v 2200uf.
  6. Cek Elco ukuran 25v 2200uf / 35v 2200uf (letak elco ini biasanya tersambung langsung dengan tegangan input IC Vertical).
  7. Cek Elco ukuran 25v 100uf atau 35v 100uf (letak elco ini berada di dekat IC Vertical yang berfungsi sebagai penyeimbang tegangan IC Vertical).
  8. Cek IC Vertical, dan untuk memastikan IC vertical dalam kondisi baik atau rusak, biasanya saya menggunakan cara manual, yaitu cek tegangan input dan output IC Vertical, pastikan antara tegangan input dan tegangan output memiliki tegangan yang normal sesuai yang tertera pada Skema.

Penting.
Pada kasus yang saya alami ternyata penyebab TV rusak hanya menampilkan 1 (satu ) garis horizontal adalah keruasakan IC Vertical, dan munculnya masalah 1 garis horizontal memang di sebabkan oleh kerusakan IC Vertical sehingga IC Vertical harus diganti

Tips.
Agar kerusakan yang sama tidak terjadi lagi, maka sebelum mengganti IC vertikal anda harus melakukan beberapa hal sebagai berikut.
  • Pastikan tegangan IC Vertical yang berasal dari trafo flyback dalam kondisi normal dan stabil.
  • Ganti Elco ukuran 35v / 25v 2200uf dan Elco 25v / 35v 100uf .
  • Ganti semua Elco pendukung yang ada di bagian blok vertical (elco yang berada dekat IC Vertical).

Demikian artikel tentang bagaimana cara memperbaiki / service TV 1 (satu) Garis Horizontal, Semoga bermanfaat.

Comments


EmoticonEmoticon