Perbedaan Amplifier Dan Power

Perbedaan Power dan Amplifier. Didalam dunia elektronika, khususnya perangkat elektronika audio yang berfungsi sebagai penguat suara, tentu kita tidak asing lagi dengan istilah power dan amplifier, mengingat kedua perangkat tersebut sering dikaitkan dengan pengaruh besarnya suara dan kualitas audio yang di hasilkan oleh speaker.

Amplifier dan Power biasanya di jadikan tolak ukur untuk mendapatkan seberapa besar suara yang akan di dapatkan dan seberapa bagus kualitas audio yang di hasilkan, sehingga setiap kita mendengar audio / suara tentu kita akan sering memiliki pendapat dengan kualitas power, amplifier, dan speaker.

Melalui artikel ini saya akan mejelaskan secara singkat tentang perbedaan amplifier dan power sehingga kita tidak akan salah dalam menyebutkan nama perangkat audio tersebut, apakah itu rangkaian Power atau rangkaian Amplifier.

Pengertian Amplifier.
Sesuai namanya, Power Amplifier atau Penguat Daya adalah rangkaian komponen elektronika yang berfungsi sebagai penguat akhir yang digunakan untuk menguatkan daya atau tenaga yang sudah dilengkapi dengan pengaturan atau control audio.

Biasanya sebuah perangkat elektronika bisa disebut sebagai Amplifier adalah unit rangkaian tersebut sudah dilengkapi dengan beberapa perlengkapan jalur input sebagai media masukknya suara yang akan di kuatkan, seperti dilengkapi dengan jalur input sebagai berikut.
  1. AUX berfungsi sebagai jalur masuk / input suara dari perangkat elektronika lain, misal ingin menguatkan suara dari HP, Tuner Radio, dan lain sebagainya.
  2. MIC berfungsi sebagai jalur masuk suara manusia, yang mana untuk mengatur suara dilakukan melalui control volume echo, misal untuk keperluan pidato, ceramah, ataupun kebutuhan karaoke.
  3. Tone Control suara yang umumnya berupa potensio meter yang berfungsi untuk mengatur suara, seperti Bass (suara rendah), Treble (suara tinggi), Midle (suara vocal) Balance (umumnya tersedia pada amplifier setereo untuk mengatur suara Left / L dan suara Right / R), dan Volume (mengatur tinggi rendahnya suara output amplifier).

Pengertian Power Amplifier.
Power adalah unit rangkaian elektronika yang merupakan bagian dari amplifier, yang mana power inilah yang sebenarnya menjadi inti dari tenaga yang dihasilkan oleh amplifier, sehingga besar kecilnya tenaga sebuah unit rangkaian amplifier sangat di tentukan oleh rangkaian power.

Namun demikian, Power tidak bekerja atau dengan kata lain rangkaian power tidak dapat berdiri sendiri untuk mengatur besar kecilnynya suata ataupun kualitas suara, karena sejatinya rangkaian power hanyalah sebuah rangkaian penguat tenaga yang hanya bisa berfungsi jika di gabungkan dengan pengatur suara atau tone control, sehingga untuk meneruskan audio / suara ke power kita membutuhkan sebuah perantara perangkat elektronika sebagai media masuk / input untuk mengontrol kualitas suara, seperti.
  • Rangkaian Tone Control.
  • Rangkaian Mixer.
  • Rangkaian Equalizer.

Rangkaian Power 400 Watt Stereo SANKEN.


Kesimpulan.
  • Amplifier adalah rangkaian penguat suara audio yang sudah dilengkapi dengan tone control / pengatur suara dan sudah dilengkapi dengan menu input suara, sehingga mempermudah pengguna yang ingin menguatkan suara dari media audio yang lain, atau lebih singkatnya, amplifier adalah penguat suara hasil penggabungan rangkaian power dan tone control.
  • Power adalah rangkaian elektronika yang merupakan bagian utama dari amplifier untuk menguatkan suara dan memberikan pengaruh yang besar dalam menentukan pecah atau tidaknya kualitas suara yang dihasilkan, atau jika di ambil gampangnya, power merupakan rangkaian inti dari amplifier penguat suara.

Demikian sedikit penjelasan dari saya mengenai artikel tentang perbedaan Amplifier dan Power Amplifier.

Comments


EmoticonEmoticon