Cara Memperbaiki TV LG 21 Mati Protek / Stand-By

TV LG Mati Stand-by / Protek. Untuk mengawali posting artikel tentang tutorial servis televisi saya akan mencoba untuk melakukan reparasi TV tabung (CRT) LG 21" Slim dengan kondisi mati protek atau ketika TV di hidupkan selalu kembali ke posisi standby / terkunci.

Berikut adalah spesifikasi TV LG 21" Slim Pearl Black yang akan saya repair.
  • Merek : LG.
  • Model : 21SA1AG-T4.
  • IC Utama : LV76213 3C 5AT3.
  • IC Vertical : LA78141.
  • Transistor Horizontal : C6090.

Untuk memulai service TV dengan kondisi mati protek / stand-by, langkah pertama yang harus di lakukan adalah menyalakan TV, hal ini dimaksudkan untuk memastikan kemungkinan blok yang mengalami kerusakan, dan ternyata memang benar ketika Televisi berhasil dihidupkan, dan dalam hitungan detik TV kembali pada posisi standby atau warna lampu indikator power pada TV kembali menyala Merah terang.

Selanjutnya saya melakukan pembongkaran TV Tabung LG 21SA1AG yang kemudian langsung mematikan bagian protek, hal ini saya lakukan agar sistem proteksi TV LG 21 Slim tidak bekerja sehingga kita akan mengetahui apakah ada kerusakan lain setelah TV hidup atau setelah TV berhasil melewati sistem proteksi.

Cara Melumpuhkan Sistem Proteksi TV LG 21" Slim Pearl Black.
Untuk mematikan sistem proteksi TV LG 21 Pearl Black adalah dengan cara membuka / Open PIN 29 pada IC LV76213 3C 5AT3, dan perlu di ketahui bahwa kaki / PIN 29 IC LV76213 3C 5AT3 tersambung dengan sebuah jumper / kawat dan sebuah resistor, disini yang perlu di lepas adalah jumpernya saja, sedangkan resistor jangan di lepas.


Baca Juga.

Untuk mempermudah anda dalam menentukan urutan kaki IC, maka tidak ada salahnya jika meluangkan waktu sebentar untuk membaca artikel tentang bagaimana cara mengetahui dan memastikan urutan kaki / PIN 1 IC seperti dibawah ini

Setelah berhasil melumpuhkan sistem proteksi, maka secara otomatis ketika Televisi dinyalakan akan muncul tampilan pada layar, pada kasus ini layar hanya menampilkan satu garis horizontal.

Baca Juga.

Dengan melihat masalah yang tampil pada layar, selanjutnya analisa saya mengarah pada jalur vertical, karena secara umum penyebab munculnya satu garis horizontal adalah adanya kerusakan yang terjadi pada blok vertical.

Tidak salah lagi, setelah saya melakukan pengecekan lebih lanjut pada bagian vertical, saya dapatkan kondisi IC Vertical dalam kondisi pecah terbelah menjadi dua bagian.

Dalam hal ini saya berfikir apa yang menyebabkan IC Vertical pecah, apakah adanya tegangan yang sangat tinggi sehingga IC Vertical tidak mampu menahan tegangan yang masuk, karena sesuai Skema TV LG 21 Inchi Slim untuk input tegangan normal IC Vertical adalah 24 volt- 27 volt.

Selanjutnya saya cek tegangan dari regulator (catu daya switching) yang masuk pada PIN 3 atau jalur B+ Trafo Fly Back dan mengukur tegangan input IC vertical sebesar 24 volt yang berasal dari PIN 6 Trafo Fly Back yang mengarah ke PIN 2 IC Vertical.

Catatan.
  • Tegangan normal B+ Trafo Fly Back (PIN 3) adalah 115 volt atau dalam range 112 - 120 Volt.
  • Tegangan normal keluaran PIN 6 Trafo Flay Back adalah 24 - 27 Volt untuk memberikan suplai tegangan IC Vertical.

Setelah melakukan pengukuran tegangan B+ Fly Back dan Tegangan PIN 2 IC Vertical, dan hasilnya tegangan normal-normal saja, sehingga saya langsung mengganti IC Vertical LA78141 yang selanjutnya mencoba menyalakan televisi.

Dan benar saja setelah saya mengganti IC Vertical TV langsung hidup, namun masalah lain timbul yaitu munculnya garis-garis putih mendatar / horizontal di bagian atas layar televisi sehingga 1/5 tampilan layar TV dipenuhi oleh garis-garis putih.

Baca Juga.

Namun sangat di sayangkan belum sempat menganalisa bagian mana lagi yang bermasalah, tiba-tiba televisi kembali mati dengan hanya menampilkan satu garis horizontal seperti kejadian awal, namun bedanya kali ini IC Vertical tidak pecah.

Itulah uniknya elektronik, sebentar membuat kita senang, sebentar membuat kita bingung, akhinya pencarian masalah TV Mati Protek (standby) di lakukan kembali supaya kita benar-benar bisa menemukan penyebabnya.

Agar tidak menambah kerugian spare part dan menambah masalah baru, maka saya lakukan pengecekan secara menyeluruh khususnya di bagian blok vertical, mulai dari mengukur Dioda, Resistor dan Elco (Elektrolit Condensator) yang merupakan komponen pendukung blok vertical yang berada pada rangkaian yang mengarah / menyuplai tegangan IC Vertical.

Cara Cek Blok Vertical TV Untuk Memastikan Kondisi Baik / Normal.
  • Pertama saya tes PIN 2 yang merupakan input tegangan IC vertical, disini masih ada tegangan masuk sebesar 24 volt yang artinya tegangan dari trafo fly back masih normal.
  • Kemudian di lanjutkan dengan melakukan pengukuran tegangan PIN 5 IC Vertical yang merupakan PIN Out Tegangan IC Vertical yang menuju jalur Deflection Yoke, dan ternyata pada Pin 5 IC Vertical sudah tidak mengeluarkan tegangan yang berarti bahwa IC Vertical telah rusak kembali.

Selain itu, dari beberapa hasil pengecekan di bagian / blok vertical, saya juga menemukan salah satu Elco yang berukuran 35 v 100 uf mengalami perubahan nilai, dan sudah bisa dipastikan hal ini dapat mengakibatkan tegangan yang masuk ke IC vertical tidak terkendali sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada IC Vertical, bahkan dapat menyebabkan IC Vertical pecah.

Letak blok vertical bersebelahan dengan blok Regulator atau blok Catu Daya Switching, untuk lebih jelasnya berikut tampilan blok vertical TV LG 21 Inchi Slim Pearl Black.


Keterangan Gambar.
  1. Elco 35v 100uf.
  2. IC Vertical LA78141.

Baca Juga.

Kemudian setelah saya ganti Elco ukuran 35 v 100 uf dan IC Vertical LA78141, lalu saya coba kembali menyalakan televisi, dan ternyata TV dapat menyala dengan normal selama beberapa jam yang artinya proses servis televisi LG mati protek / standby telah selesai dan berhasil.

Selanjutnya pasang kembali jumper proteksi PIN 29 IC LV76213 3C yang telah di buka (jika sebelumya kita melumpuhkan proteksi).

Penting.
  • Penyebab utama TV LG 21 Inchi Mati Protek (Standby) adalah kerusakan pada IC Vertical.
  • Penyebab IC Vertical rusak atau IC Vertical pecah adalah adanya kerusakan ataupun perubahan nilai pada Elco 35v 100 uf.
  • Dalam melakukan perbaikan bagian Vertical, saya sangat menyarankan untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh, hal ini berfungsi untuk meminimalisir kerugian spart part dan kerusakan pada blok lain.
  • Untuk menghindari kerusakan IC Vertical, maka sebelum mengganti IC Vertical terlebih dahulu silahkan cek kondisi Elco ukuran 35v 100uf dan elco 25v 2200uf atau untuk lebih amannya silahkan di ganti saja.
  • Ketika memasang IC / Transistor / FET, usahakan jangan terlalu lama menempelkan solder pada kaki IC, hal ini di maksudkan agar IC tidak rusak akibat panas solder yang berlebihan, atau untuk menghidari kerusakan IC akibat solder, silahkan memegang kaki IC dengan penjepit pinset / tang.

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi TV LG 21 Inchi Slim Pearl Black Mati Protek (Standby), semoga bermanfaat.

7 komentar

  1. Mantaaap...saya praktekan memang benar ...semoga berkah manfaat ilmu nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin!, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

      Hapus
  2. Mau tanya gan....
    Kalo stlah TV baik,tp open jumper protek tadi tidak dipasang lagi. Bgmn, berbahaya/beresiko gak?? Mksh ats jwbanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berisiko gan, jika potek standby tidak di pasang, maka bisa mengakibatkan kerusakan komponen lain di bagian verical dan membuat kerusakan lebih fatal

      Hapus
  3. Mau tanya gan, kalau dari fly back tidak keluar tegangan 24v - 27v, apa fly backnya mati?

    BalasHapus
  4. mau tanya mas,tv cina 21" waktu dinyalakan 1/3 gambar gelap dibagian bawah,itu kadang muncul kadang tidak

    BalasHapus
  5. Mantul gan ilmunya sangat bermanfaat, kebetulan saya mempunyai masalah yg sama dengan diatas yaitu tv mengalami protek, ditambah gambarnya melebar kesamping, kira kira untuk masalah gambar melebar kesamping itu untuk memperbaikinya gmna ya gan, tv saya merk LG 29" FU3RL Pearlblack, dtunggu jawabanya gan, tks

    BalasHapus


EmoticonEmoticon