Cara Memperbaiki TV LG Garis-Garis Putih Layar Bagian Atas

Cara Service TV LG Slim Layar Bagian Atas Muncul Garis-Garis Putih. Salah satu kerusakan TV yang sering terjadi adalah munculnya garis-garis putih mendatar (horizontal) pada layar TV, entah layar bagian atas ataupun layar bagian bawah.

Penyebab garis-garis putih seperti buku di layar televisi bagian atas untuk semua merk TV (LG, Samsung, SHARP, Polytron, Akari, Cina, Thoshiba, Chang Hong, Panasonic, Digitec, dan lain-lain) bisa terjadi akibat adanya masalah pada blok / bagian vertical, misal kerusakan pada Elco (Elektrolit Condensator) penyuplai teganan IC Vertikal ataupun kerusakan pada IC Vertical itu sendiri.

Jika kasus garis-garis putih pada layar dibiarkan, maka lama kelamaan garis-garis putih tersebut akan terus bertambah turun ke bawah, dan kemungkin besar jika masalah tersebut tidak cepat di atasi, maka bisa menyebabkan IC Vertical rusak dan bisa saja TV akan mengalami kerusakan ada suara tetapi layar hanya menampilkan 1 (satu) garis horizontal, bahkan untuk TV jenis baru bisa menyebabkan TV mati protek / stand-by.

Artikel Terkait.

Pada kesempatan ini saya akan kembali share artikel yang membahas tentang seputar salah satu masalah yang umum terjadi pada pesawat televisi, yaitu TV muncul garis-garis putih pada layar bagian atas.


Untuk cara mengatasi TV muncul garis-garis putih di layar bagian atas, maka perlu di lakukan pengecekan pada bagian vertikal, sebagai berikut.
  1. Cek tegangan input dan output IC vertical, pastikan tegangan normal.
  2. Cek elco (elektrolit condensator) ukuran 35V / 100uf yang berada di blok vertical (dekat dengan IC Vertical).


Dari hasil pengukuran tegangan masuk dan keluar IC Vertical tersebut, saya dapatkan bahwa tegangan input dan output IC Vertical dalam kondisi bagus / normal.

Selanjutnya saya melakukan pengecekan pada Elco, dimana dari hasil pengukuran Elco, saya dapatkan nilai sudah berubah / rusak yang menyebabkan tegangan yang masuk ke IC vertikal terlalu tinggi / tidak terkendali, sehingga dapat mengganggu kinerja IC Vertical yang pada akhirnya menampilkan garis-garis putih mendatar pada layar bagian atas.

Penting.
Untuk melakukan pergantian Elco 35V / 100uf, usahakan membeli komponen yang bagus, mengingat banyak sekali produk Elco ukuran 35 V / 100uf memiliki kualitas yang buruk sehingga jika digunakan tidak dapat bertahan lama atau bahkan terkadang di pasang juga tidak berfungsi.

Demikian tutorial tentang bagaimana cara memperbaiki TV LG muncul garis-garis putih pada layar bagian atas.

Comments


EmoticonEmoticon