Cara Memperbaiki Receiver Parabola MATRIX Burger Mati Total

Cara Service Receiver Parabola Matrix Burger MPEG2 / MPEG 4 Mati Total. Selain LNB, komponen antena parabola yang sering rusak adalah receiver, yang mana umumnya kerusakan receiver disebabkan oleh usia perangkat dan masalah kondisi listrik, terutama untuk daerah / area yang memiliki kualitas jaringan listrik yang buruk, misal listrik sering padam mendadak ataupun tegangan voltase yang sering turun / tidak stabil.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk memberikan tutorial tentang bagaimana cara memperbaiki receiver matrix burger mati total dengan kondisi IC regulator pecah, namun sebelum itu saya akan memberikan spesifikasi receiver matrix yang akan saya perbaiki.


Spesifikasi Receiver Matrix Burger.
  • Over The Air (OTA) Support.
  • Favorite Chanel Setting.
  • Last Chanel Memory.
  • Multi-language On Screen Display (OSD) Menu.
  • 100 Stereo / Mono Output.
  • Picture In Graphic (PIG).
  • 1000 Free Programmable Chanels.
  • MPEG2 / DVB, SCPC / MCPC Compliant.
  • Multi-switch Control : 0/22K, DiSEqC.
  • Auto Chanel Search and Save Function.
  • Low Threshold Digital Tuner.
  • Manual PID Insertion and Scan Function.
  • Full-Function Remote Control / Front.
  • SMPS (AC 80-270 V 50/60 Hz).

Cara Memperbaiki Receiver Matrix Mati Total.
Untuk melakukan reparasi pesawat receiver dengan kondisi mati total, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membongkar perangkat receiver dengan cara membuka baut yang berada di samping dan di bawah kotak receiver (samping kanan 2 baut dan samping kiri 2 baut, serta di bawah receiver 1 baut), selanjutnya lakukan pengecekan sebagai berikut.

  1. Cek kondisi kabel power (kabel yang menghubungkan receiver dengan stop contact (Listrik PLN), pastikan bahwa kabel tersebut tidak putus.
  2. Cek saklar on / off Receiver.
  3. Cek kondisi fuse (sekering) yang berada di blok regulator yang mana sekring berfungsi untuk memutuskan arus listrik saat terjadi hubungan singkat (short), pastikan sekering dalam kondisi bagus (tidak putus).
  4. Cek 4 buah dioda yang berada di blok regulator, pastikan dioda dalam kondisi baik.
  5. Cek Elco (elektrolit condensator) induk yang ada di regulator, pastikan dalam keadaan normal / bagus.

Baca Juga.

Jika pengecekan komponen regulator sudah dilakukan dan di pastikan dalam kondisi bagus, maka saatnya kita beralih untuk melakukan pada pengecekan tegangan output regulator yang menyuplai ke bagian MPEG Receiver, yang mana tegangan output regulator memiliki 3 tegangan yang berbeda, yaitu:
  1. 3,3 V.
  2. 15 V.
  3. 20 V.

Perlu diperhatikan, bahwa agar receiver dapat bekerja dengan sempurna, maka tegangan 3,3 volt, 15 volt, dan 20 volt keluaran dari regulator ke MPEG receiver harus ada dan dalam kondisi normal / stabil.

Dalam kasus yang saya alami ternyata semua tegangan dari regulator yang menyuplai MPEG tidak bekerja, sehingga MPEG tidak mendapatkan tegangan sama sekali yang akhirnya semua lampu indikator receiver parabola, seperti lampu power, remote control, chanel receiver tidak menyala.

Selanjutnya saya melakukan pengecekan satu persatu komponen vital power supply regulator, seperti dioda, elco dan IC, dan ternyata dari hasil pengecekan saya temukan elco mengalami perubahan nilai yang pada akhirnya menyebabkan IC regulator terbakar.

Keterangan Gambar.
  1. IC Regulator.
  2. Output tegangan regulator 3,3 Volt, 15 Volt, 20 Volt.

Kemudian saya bermaksud untuk mengganti IC dan Elco, namun sangat disayangkan hanya elco saja yang tersedia, sedangkan IC regulator power supply sangat sulit di temukan, yang pada akhirnya terpaksa saya harus mengganti satu blok regulator power supply.

Baca Juga.

Penting.
Jika pembaca mengalami kasus yang sama seperti apa yang telah sampaikan melalui artikel ini, maka saran saya lebih baik beli saja receiver baru, mengingat harga regulator power supply receiver masih tergolong mahal, yaitu setengah harga 1 (satu) set receiver baru.

Demikian share artikel tentang bagaimana langkah-langkah service receiver parabola matrix burger kondisi mati total.

2 komentar

  1. Cara mengecek bagus tidak nya suatu komponen tsb gimana ya mas , maaf pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komponen yang mana ya gan,,?

      Pada dasarnya untuk memastikan rusak atau tidaknya komponen elektronika semua sama.

      Hapus


EmoticonEmoticon