Cara Memperbaiki Regulator Monitor Tabung / CRT

Teknik Dasar Service Regulator Power Supply Monitor Komputer. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin belajar teknik dasar reparasi perangkat elektronika adalah mengenal dan memahami blok / bagian serta mempelajari cara kerja setiap blok pada perangkat pesawat elektronika.

Untuk share kali ini saya akan mengambil tema tentang pentingnya mempelajari sistem dan cara kerja sebuah catu daya perangkat elektronika, mengingat bagian catu daya adalah bagian yang sangat vital untuk memastikan setiap blok atau bagian dapat bekerja dengan sempurna.

Pada pembahasan kali ini saya akan mengulas tentang cara kerja Regulator monitor komputer serta bagaimana cara aman melakukan reparasi blok regulator, namun sebelum itu saya akan menjelaskan apa sebenarnya yang di maksud dengan catu daya switching pada regulator tegangan.

Pengertian Catu Daya Switching.
Catu Daya Switching adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengatur tegangan dengan menggunakan saklar elektronik (switching) yang mana blok atau bagian catu daya switching di dalam dunia service elektonik lebih dikenal dengan sebutan blok Regulator.

Artikel Terkait.
Skema Blok Regulator Monitor Komputer.


Komponen Utama Regulator (Catu Daya Switching Monitor Komputer).
  • Pada blok Unregulated  menggunakan 4 Dioda  (Half  Wave) Type 1N5406 dan   menggunakan Elco dengan ukuran 400 Volt  220  uf.
  • Pada blok Switching  menggunakan Mosfet Type  K 2141.
  • Pada blok Trafo Inventer menggunakan Trafo Type 1621-0074-00. TVE 9614.
  • Pada blok Regulated menggunakan bermacam - macam ukuran Dioda dan Elco sesuai dengan tegangan yang dikeluarkan oleh Trafo Inventer.
  • Pada blok Komporator menggunakan IC Type UC 3842.

Catatan.
Secara umum komponen utama yang digunakan pada Regulator Power Supply (Catu Daya Switching) sama, hanya saja untuk besarnya ukuran komponen bisa berbeda atau tidak harus seperti apa yang tercantum diatas, tergantung jenis perangkat elektronik.

Cara Cek Tegangan Regulator Monitor Komputer.
  1. Silahkan lepas FET / MOSFET.
  2. Cek dan pastikan tegangan B+ untuk IC UC sebesar 12 volt - 13 volt normal.
  3. Cek tegangan PIN Gate pada FET harus ada sekitar 3 volt (berdenyut normal), akan tetapi terkadang ada monitor dengan tegangan pada PIN Gate 2 volt -3 volt dan 8 volt - 9 volt.
  4. Pada Elco Utama atau Elco induk ada tegangan masuk sebesar 300 volt.
  5. Syarat IC UC bekerja harus mendapatkan tegangan atau VCC sebesar 12 volt - 13 volt.

Penting.
IC UC ada 2 jenis, yaitu.
  • UC3882 atau UC3842 letak tegangan B+ berada di PIN 7.
  • UC4605 letak tegangan B+ berada di PIN 6.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan mengenai artikel tentang Cara memperbaiki Regulator Tegangan Monitor Komputer.

Comments


EmoticonEmoticon