Aplikasi Persamaan Transistor / IC

Software Persamaan Transistor / IC. Transistor adalah salah satu komponen aktif elektronika yang memiliki peranan penting dalam rangkaian sebuah pesawat elektronika, dan sebagai komponen aktif tentu saja kinerja transistor sangat tinggi, sehingga tingkat kerusakan transistor lebih tinggi jika di bandingkan dengan jenis komponen elektronika yang lain.

Disamping itu transistor yang terdapat pada pesawat elektronika yang memiliki merk terkenal pada umumnya sulit di temukan pada toko-toko spare part komponen elektronika biasa, atau dengan kata lain untuk mendapatkan spare parts yang asli harus membeli dari service center vendor perangkat tersebut, maka jika terjadi kerusakan transistor tidak jarang banyak teknisi elektronika yang kesulitan untuk mencari spare parts pengganti.

Baca Juga.

Software Persamaan Transistor adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna bagi anda yang berprofesi sebagai teknisi elektronika untuk membatu dalam melakukan perbaikan ataupun reparasi elektronika, dimana jika suatu ketika anda akan melakukan pergantian sebuah transistor dan ternyata Transistor tersebut sudah tidak beredar dipasaran.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengetahui persamaan transisstor dan IC dengan menggunakan bantuan buku kumpulan persamaan transistor dan IC ataupun menggunakan bantuan bantuan Software Eletro Master 2000 untuk mencari persamaan Transistor tersebut.

Cara Mengetahui Persamaan Transistor / IC Menggunakan Aplikasi Elektro Master.
  1. Jalankan Aplikasi Elektro Master.
  2. Selanjutnta masukkan Type transistor yang ingin di ketahui persamaannya.
  3. Kemudian secara otomatis akan muncul hasil persamaan transistor lengkap dengan keterangan besarnya watt dan jenisnya.

Sebenarnya untuk melakukan pergantian Transistor anda tidak harus mencari Transistor yang sama persis dengan transistor aslinya, melainkan yang dibutuhkan adalah mencari sebuah Transistor yang memiliki jenis dan karakteristik yang sama, serta yang tidak kalah penting adalah memperhatikan besarnya nilai Watt.

Cara Mengganti Komponen Elektronika.
Perlu diperhatikan, jika anda melakukan perbaikan sebuah pesawat elektronik Built up, mungkin sebuah komponen elektronik yang bukan aslinya atau komponen yang hanya berdasarkan persamaan, maka akan menghasilkan kualitas yang tidak sama, hal ini disebabkan karena banyak faktor yang mempengaruhi, dan salah satunya adalah kualitas komponen elektronika yang di ganti.

Demikian yang bisa saya informasikan mengenai artikel tentang bagaimana cara mudah mencari persamaan transistor.

2 komentar

  1. Izin bertanya gan.
    Apakah semua transistor itu bisa di aplikasikan dalam bentuk yang sama.
    Misalkan, transistor penguat amplifir di jadikan untuk penguat elektromagnetik (final pemancar fm) apakah bisa gan.

    BalasHapus
  2. Tidak bisa saja gan, karena secara umum watt yang digunakan transistor penguat amplifier sangat jauh berbeda dengan transistor yang digunakan pada penguat pemancar.

    Jadi, walapun sama sama berfungsi sebagai penguat akhir, akan tetapi memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga kurang pas jika transistor penguat amplifier di ganti dengan transistor penguat pemancar FM atau sebaliknya.

    Perlu dipahami, transistor penguat amplifier focus terhadap kualitas suara, sedangkan transistor penguat pemancar memiliki fungsi yang lebih kompleks dan menitik beratkan terhadap jauh dekat penyebaran sinyal dan kualitas sinyal yang dapat diterima.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon